-->

5 Fakta A24, Perusahaan Film Independen Penggebrak Hollywood



A24 bukanlah sesuatu yang asing bagi pecinta film, khususnya pecinta film arthouse. Perusahaan yang menghadirkan banyak film berkualitas ini hadir di tengah-tengah gejolak perfilman Amerika menghadapi perusahaan raksasa di bidang hiburan seperti Fox ataupun Warner Bros dengan membawa embel-embel ‘independen’. Berikut lima fakta mengenai A24

  1. Belum satu dekade

Apa yang mengejutkan dari perusahaan hiburan independen ini adalah umurnya yang belum genap se-dekade. A24 sendiri didirikan pada tanggal 20 Agustus 2012 oleh tiga sosok yaitu Daniel Katz, David Fenkel dan John Hodges. Sampai tanggal ini, terhitung A24 baru berjalan tujuh tahun lamanya. Tentunya untuk ukuran perusahaan yang berumur kurang dari sepuluh tahun, segudang prestasi yang dimiliki A24 membuktikan bahwa A24 adalah penantang yang cukup kuat di industri hiburan perfilman.

  2. Rumah film Arthouse

The house of arthouse, mungkin begitulah julukan yang tepat untuk A24. Perusahaan independen yang bermarkas di New York ini pada umumnya menghadirkan film-film berseni tinggi atau yang sering disebut sebagai film arthouse. Sebut saja deretan film seperti Room, Moonlight, Hereditary, The Killing of a Sacred Deer hingga yang terbaru The Lighthouse, menguatkan opini tersebut. Bahkan di satu sisi karena keunikannya ini, A24 berhasil menciptakan citra dimana penonton merasa yakin bahwa jika logo A24 muncul di awal film, maka film tersebut bagus.

logo A24 yang unik dengan warna putih dan distorsi penguraian cahaya

  3. Langganan Oscar

Academy Award atau yang sering disebut Oscar adalah salah satu ajang film yang paling bergengsi di dunia. Namun, A24 tampaknya berhasil menjadi langganan nominasi di tiap tahunnya. Tercatat per 2019, A24 berhasil mendapatkan 25 nominasi Academy Award untuk keseluruhan filmnya. Pada tahun 2016 silam, film Room yang didistribusikan oleh A24 di Amerika ini sukses memberikan piala Oscar untuk sang aktris utama, Brie Larson sebagai pemeran wanita terbaik. Selain itu, film Amy dan Ex Machina juga memenangkan piala Oscar masing-masing untuk kategori Best Documentary Feature dan Best Visual Effects. Setahun berikutnya, Moonlight berhasil mendapatkan Best Picture. Sampai saat ini, film-film A24 selalu hadir di daftar nominasi Academy Award.

  4. Nama A24
Di satu sisi mungkin ada banyak orang yang memikirkan apa sih maksud dari A24? Well, A24 sebenarnya tidak memiliki makna berupa akronim apapun. Nama A24 diambil dari nama jalan tol di Italia, A24, yang menghubungkan Roma dengan laut Adriatic. Jalan ini dilewati oleh sang founder, Daniel Katz, saat dia akhirnya memutuskan untuk mendirikan perusahaan. Well, walaupun ‘A24’ tidak begitu berarti secara akronim, tentunya nama A24 sangat berarti untuk diri Katz sendiri sampai dirinya mau menamai perusahaannya sesuai tol tersebut.


  5. Serial televisi
Apa yang tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah A24 juga memproduksi serial televisi, bukan hanya film. Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2014 lewat serial pertamanya Playing House yang tayang di USA Network. Memang section tv series dari A24 tidak begitu mendapat banyak perhatian, terutama untuk penonton internasional. Baru pada tahun 2019 ini, serial televisinya yang berjudul Euphoria yang merupakan remake dari serial Israel dan dibintangi oleh aktris top Hollywood, Zendaya, mendapat banyak perhatian dan sambutan positif.

0 Response to "5 Fakta A24, Perusahaan Film Independen Penggebrak Hollywood"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel