-->

Sejarah Hollywood : Kiblat Dunia Perfilman Modern


Di zaman sekarang tampaknya semua orang mengetahui kata Hollywood. Begitu terdengar kata Hollywood maka tentu kita langsung terpikirkan film-film blockbuster dari Amerika. Sebenarnya apa sih Hollywood itu? Kenapa Hollywood bisa jadi trendmark dalam dunia perfilman?

Kisah Hollywood sebagai kiblat perfilman dimulai pada masa perang dunia pertama. Pada saat itu Italia dan Perancis dikenal sebagai Negara penghasil film berkualitas yang mana filmnya selalu sukses dan menembus pasar Eropa. Kaum Amerika khususnya masyarakat Hollywood, Los Angeles kemudian tertarik untuk mengembangkan dan memproduksi film.

Film In Old California adalah film pertama yang dibuat di Hollywood, California. In Old California menandakan kebangkitan industri film Amerika. Amerika mulai mendominasi pangsa pasar dunia perfilman dan mengeser industri film Eropa. Pada tahun 1920-an, hampir 800 lebih film diluncurkan oleh industri perfilman Amerika, yang menjadikan Amerika sebagai Negara paling produktif dalam hal perfilman pada saat itu. Melihat kesuksesan film-film Amerika, banyak rumah produksi yang kemudian mendirikan basis di Hollywood, Los Angeles dan bekerja disana.

In Old California sebagai film pertama yang dibuat di Hollywood
Sedangkan untuk  tanda Hollywood yang terkenal, yang terletak diatas bukit Mount Lee, dibuat sebelum era perfilman Amerika di mulai. Tanda Hollywood dibuat pada tahun 1923 dengan maksud untuk mengiklankan perumahan baru yang sedang dikembangkan di kawasan bukit Hollywood, Los Angeles. H.J. Whitley awalnya mengkontrak Crescent Sign Company untuk mendirikan 13 huruf besar bertuliskan Hollywoodland. Baru pada tahun 1949, setelah terjadi kerusakan, ikon tersebut direnovasi dan disingkat menjadi Hollywood dengan pembuangan kata ‘land’ dibelakangnya.

Hollywood diklaim sebagai industri perfilman tertua di dunia yang bahkan menghasilkan film dengan suara pertama kali di dunia, The Jazz Singer, dimana pada saat itu kebanyakan film dibuat tanpa suara. Industri entertainment di Hollywood pun kian berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya teknologi film berwarna mulai tahun 1950-an, maka film film hitam putih mulai ditinggalkan. Banyak film produksi studio-studio di Hollywood yang kemudian mampu sukses besar. Industri produksi film dii Hollywood pun seakan menahbiskan diri sebagai produksi film terbaik dan juga paling populer di dunia.

Jadi tak heran kalau Hollywood dipilih untuk menggambarkan industry perfilman Amerika, karena memang Hollywood itu sendiri adalah pionir dalam dunia perfilman Amerika itu sendiri.

0 Response to "Sejarah Hollywood : Kiblat Dunia Perfilman Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel