-->

30 Film Antimainstream Indonesia



Tidak bisa kita sangkal bahwa industri perfilman Indonesia sedang mengalami perkembangan yang pesat. Dari banyaknya film yang tayang, tentu tidak semuanya memiliki kualitas yang diatas rata-rata. Akan tatapi  jangan sama ratakan semua film Indonesia itu jelek, berikut adalah 30 film antimainstream Indonesia yang berkualitas.

   30. Hoax
Film thriller-drama yang lumayan ringan ini bercerita tentang kehidupan kelurga yang berpisah setelah berkumpul bersama. Ternyata,masing-masing menyimpan rahasia sendiri. Film ini mempunyai twist yang lumayan lah.

   29. Si Juki The Movie 
Film animasi ini cukup menghibur. Yang gue suka adalah joke nya yang rata-rata mengkritik kehidupan sosial masyarakat Indonesia kekinian.


   28. Fiksi
Film fantasy-drama ini mempunyai intens ketegangan yang cukup berbeda dan asik.Film ini mengisahkan kehidupan di rumah susun di Jakarta yang diwarnai karakter-karakter unik, dilihat dari mata seorang perempuan penuh fantasi berkecenderungan psikopat yang sedang terobsesi oleh cinta dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkan cintanya tersebut, bahkan dengan menyakiti dan membunuh.


   27. The Witness


Film thriller yang cukup bikin gue penasaran sampai akhir filmnya. Dengan hawa horor yang berbeda, film ini berhasil membuat gue kaget pas di akhir filmnya. Film ini tentang Angel (Gwen Zamora), General Manager sebuah hotel yang baru ditransfer dari cabang Manila ke Jakarta, dihantui mimpi aneh tentang seorang pemuda yang mencoba bunuh diri dengan menembakkan senjatanya sendiri ke mulutnya.

   26. A Copy of My Mind
Politik di Indonesia itu sangat busuk, mungkin itu yang ingin disampaikan film yang digarap oleh Joko Anwar ini. Eits tunggu dulu, film ini pun mengisahkan kehidupan sejoli anak manusia yang berbeda, Sari (Tara Basro) yang seorang pendatang baru di Jakarta dengan Alek (Chicco Jerikho) yang seorang penerjemah film-film DVD bajakan. Bagaimana kisah keduanya? Dan pesan politik apa yang ingin disampaikan Joko Anwar dalam film ini?


   25. Merah Putih Trilogy
Ya, lu tau lah film ini. Salah satu film perang Indonesia yang keren banget, lumayan sadis dan tiap hari kemerdekaan diputerin terus sama SCTV atau gak Trans 7


   24. Istirahatlah Kata-Kata 
Film biografi tentang Wiji Thukul, penyair yang dikejar-kejar oleh pemerintah Indonesia karena puisi-puisinya. Penggarapan nya yang benar-benar beda membuat film ini menjadi salah satu film biografi terbaik yang pernah gue tonton.

   23. Comic 8
Film action-comedy nya Anggy Umbara ini salah satu film dengan ide yang cukup fresh dengan twist konyol yang aneh, tapi tetap bisa menghibur. Apalagi kritikan-kritikan yang dilontarkan oleh para komika di dalam film ini tajam banget.

   22. Partikelir


Ya, ga mungkin film ini ga termasuk film antimainstream. Mengusung genre action-comedy, film ini bercerita tentang duo detektif yang disewa untuk menyelidiki kasus pembunuhan seorang ayah yang terlibat kasus narkoba.

   21. Algojo: Perang Santet 
Karya Rudi Soedjarwo ini merupakan film superhero yang sayang aja kurang laku karena kalah saing dengan Warkop DKI. Film ini berkisah tentang seorang pria yang ternyata memiliki kekuatan khusus yang digunakannya untuk mencari pelaku pembunuhan keluarganya ketika semasa kecil.

   20. 3sum
Merupakan film antologi, film pertama adalah film Horor tentang pria yang susah tidur dengan twist yang gak ketebak, film kedua adalah film drama tentang pria gigolo yang dikirim ke rumah orang kaya dan lagi-lagi dengan twist yang gak tertebak, dan terakhir ditutup dengan film action tentang pasangan pembunuh bayaran yang akan membunuh seorang pejabat.

   19. Badoet
Salah satu film Indonesia yang cukup membanggakan, karena rilis di luar negeri juga dengan judul internasionalnya 'Clown'. Berkisah tentang seorang badut yang membunuh 3 orang anak dan orang-orang mulai menyelidiki siapa sebenarnya pelaku nya.

   18. Pai Kau 
Salah satu film suspense thriller dengan twist yang lumayan berat. Berkisah tentang pernikahan seorang putri mafia dan dihari pernikahannya, ia dikirim pesan teror kematian yang menyebabkan nyawa orang lain jadi taruhannya.

   17. Babi Buta Yang Ingin Terbang
Film drama Indonesia yang lumayan absurd. Bercerita tentang kehidupan orang-orang minoritas yang tertindas yang mempunyai keinginan besar tetapi terhalang karena orang-orang mayoritas.

   16. Another Trip To The Moon 


Salah satu film fantasi-surealisme yang diluar imajinasi siapapun yang menontonnya. Dengan penyajian tanpa dialog, film ini berhasil membuat otak gue rusak. Berkisah tentang anak seorang dukun hidup bersama temannya di hutan, temannya mati dan diangkat oleh UFO. Ia pun dibawa ke kota, ternyata ia tidak betah dan memilih tinggal di hutan. Sinopsisnya singkat dan simple kan? Nonton filmnya deh, rusak otak lu dijamin.

   15. Terpana 
Bukan film buat anak IPS. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang selamat dari kecelakaan karena ia terpana dengan kecantikan seorang wanita. Ia bersikeras mengatakan bahwa wanita itu telah menyelamatkannya dengan ratusan teori-teori yang ada di kepalanya.

   14. Mereka Yang Tak Terlihat 
Film ini memberikan pandangan bahwa gak selamanya suatu film tentang hantu haruslah seram atau menakutkan.Film ini memberikan sisi lain dari hantu, gak selamanya mereka nakut-nakutin orang, tetapi dibalik itu, ada latar belakangnya. Dan juga film ini membenarkan kembali bahwa anak Indigo itu bukan harus dijauhi atau ditakuti, seolah film ini mengkritik sineas film horor yang selalu bikin hantu itu seram dan anak indigo itu menakutkan.

   13. Mama Cake


Film komedi yang memiliki muatan kritik keras yang butuh pemikiran. Ceritanya sih remeh temeh banget, tetapi, jangan remehkan isinya. Salah satu yang gue inget dalam film ini adalah ketika mereka ngomongin seberapa gak logisnya teori Darwin itu.

   12. 3 Alfi Lam Mim
Film yang cukup berani yah, Anggy Umbara berimajinasi bagaimana jadinya jika kita salah pilih pemimpin dan ia beri gambaran nya yang cukup tepat, apalagi untuk sekarang ini. Benar-benar film yang berani untuk ngomongin agama dan liberal. Dua hal yang paling dijauhi para sineas pembuat film

   11. Posesif


Karya terbaik dari Edwin, gue bingung. Ini kayaknya film thriller rengan sisipan romance deh. Karya film romance yang dibenci cewek-cewek di sekolah gue, karena ga romantis dan alay seperti Dilan. Gak ada unsur sinetron nya sama sekali.

   10. Pintu Terlarang 
Karya terbaik dari Joko Anwar, berkisah tentang Gambir pemahat/pematung yang sukses dalam karir dan kehidupan, tiba-tiba hidupnya jadi jatuh karena sebuah pesan yang berisi permintaan oleh seseorang yang misterius.

   9. Kala
Film Thriller-Noir yang cukup membingungkan sih. Tapi asik banget nonton sampai habis. Berkisah tentang presiden Indonesia pertama ternyata menyimpan harta karun yang tak pernah di ketahui orang dan sekarang, beberapa oknum diam-diam mengejar harta karun itu. Sayangnya, ada rahasia berbahaya dibalik lokasi dari harta karun itu

   8. Merantau 
Film action-drama yang berimbang banget antara drama dan action yang gak berlebihan, drama nya juga gak berlebihan. Debut akting pertama dari Iko Uwais yang bener-bener bagus, berkisah tentang Yuda, pria yang lahir dengan budaya Sumatra Barat merantau ke Jakarta, disana ia berhadapan dengan penguasa terkejam di Jakarta akibat menolong seorang penari malam.

   7. Belenggu 
Film psikopat yang cukup twisting dan belibet banget. Kelam nya dapat banget. Berkisah tentang kota yang diteror psikopat pada malam hari, seorang pria yang bermimpi bertemu dengan badut kelinci menyeramkan serta tetangganya yang tidak pernah hidup rukun. Apa hubungan itu semua?

   6. Rumah Dara 
Salah satu film yang ikonik banget, judul internasionalnya adalah Macabre, gak tau deh apa artinya. Film yang bener-bener sadis dan bikin selera makan lo nambah. Berkisah tentang beberapa orang yang menginap di rumah ibu Dara dan keluarganya, namun ada yang salah rasanya di rumah itu.

   5. Gerbang Neraka
Film horor-fantasi yang cukup berani karena ngomongin Dajjal, berkisah tentang misteri Gunung Padang di Cianjur yang ternyata memiliki misteri pengetahuan untuk akhir zaman nanti dan ternyata, dibalik itu juga gunung itu memiliki misteri yang tak boleh diungkap karena akan membahayakan nyawa siapapun yang mengetahui rahasia tersebut.

   4. My Generation
Film wajib untuk parenting orang tua di masa kini. Serius, gak bohong gue. Salah satu film terwajib untuk orang-orang tua yang bingung bagaimana menghadapi anak-anak zaman sekarang yang suka melawan lah, yang suka membangkang lah, dan lain-lain. Film ini akan memberikan jawaban terhadap kebingungan kebanyakan orang tua.

   3. Love For Sale
akh....favorit gue banget ini! Film drama yang bagus banget karena bener-bener menggambarkan kehidupan sosial orang-orang perkotaan. Menggambarkan tekanan hidup orang perkotaan banget. Berkisah tentang seorang pria bujang lapuk bernama Richard yang bijakasana soal cinta tapi jomblo, ia pun ditantang untuk membawa pacar ke acara pernikahan, ia pun menyewa pacar dari aplikasi Love Inc, ia pun terjebak antara realita dan ekpetasi dalam kehidupan.

   2. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak 
Film thriller-drama yang ajib banget! Dengan pemandangan Indonesia timur, film ini rekomended banget! Dengan gaya penggarapan ala Tarantino, film ini berkisah tentang seorang wanita janda yang membunuh 5 pria dan membawa kepala seorang pria sebagai hukuman bagi dirinya sendiri dan ia pun pergi keluar membawa kepala itu untuk mencari keadilan.

   1. Night Bus



Film thriller terbaik sepanjang gue nonton film. Diangkat dari kisah nyata pula lagi. Film ini membuat jantung lu enggak pernah berhenti berdegup kencang, kayak gak pernah dikasih rileks dikit buat santai dikit. Berkisah tentang perjalanan malam bus ke daerah konflik di Sampar dimana pusat dari gerakan separatisme Aceh yaitu GAM berpusat. Ternyata, salah satu penumpang bus adalah orang yang buronan GAM.


Dari 30 film ini, mana yang udah pernah kamu tonton? Ada lagi saran film Indonesia lain yang recomended?

1 Response to "30 Film Antimainstream Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel