-->

Penjelasan Perbedaan Antara Reboot dan Remake


Dalam dunia perfilman sering sekali kita mendengar istilah asing Reboot dan Remake. Apalagi di tahun 2017 ini dimana banyak sekali film jadul yang diperbaharui menjadi versi yang lebih baru.  Walau terdengar serupa dan konsepnya mirip, kenyataannya Reboot dan Remake sama sekali berbeda. Apa saja perbedaannya?

Remake
Remake atau jika diterjemahkan berarti ‘perbuatan ulang’ adalah kondisi dimana sebuah film dibuat ulang dengan plot dan karakter yang sama. Remake pada umumnya menetapkan ide cerita yang sama dan karakter yang masih tetap dengan pemain yang telah berganti. Remake bisa berarti ‘pembaharuan’ atau ‘modernisasi’ karena pada umumnya film yang di-remake adalah film jadul yang kualitasnya sudah ketinggalan zaman.

Tidak semua film atau serial TV bisa diremake. Pada umumnya, tayangan yang sering diremake adalah tayangan yang sukses besar di pasarannya pada saat itu, sehingga mempunyai banyak fans. Tujuan utama remake biasanya adalah untuk mengulangi kesuksesan yang pernah dicapai film sebelumnya, bahkan dengan harapan lebih sukses dari film originalnya. Remake lebih sering dilakukan terhadap film daripada serial TV. Contoh dari remake film yang paling ekstrim adalah film Psycho (1998). Film ini meremake film original dengan judul yang sama pada tahun 1960 yang disutradarai oleh Alfred Hitchcook. Alasan dibilang ekstrim adalah karena film ini benar-benar me-remake, dalam artian semua sama. Semua shot dan semua scene dari kedua film tersebut sama persis, hanya saja berbeda aktor dan berbeda sinematografi. Contoh lain dari film yang di-remake adalah Total Recall, Godzilla dan IT Movie yang booming belakangan ini.

IT Movie adalah contoh dari Remake sebuah film
Reboot
Berbeda dengan remake, reboot tidak berkutat pada plot dan karakter yang sama. Reboot mengindikasikan pemakaian unsur-unsur dari film original dengan lengkap dengan catatan bahwa pola yang dipakai tidak selalu sama. Versi terbaru yang direboot dari sebuah film jadul pada biasanya sangat berbeda dengan yang versi originalnya, yang hanya sama konsep aslinya dan judulnya saja. Reboot bisa saja mempunyai beberapa nama karakter, elemen plot, tema, latar ataupun ide cerita dari versi originalnya. Sebuah film bisa direboot menjadi sebuah film ataupun sebuah franchise.

Spider-Man adalah salah satu film yang telah di reboot hingga 2x
Contoh terkenal dari Reboot film adalah Spiderman. Spiderman di dunia perfilman sendiri telah mengalami 2 kali reboot. Versi pertamanya dibintangi oleh Tobey Maguire dengan love interest MJ. Versi kedua, The Amazing Spiderman dibintangi oleh Andrew Garfield dengan love interest Gwen Stacy. Dan yang terbaru yaitu Spiderman yang bergabung dengan Marvel Cinematic Universe dibintangi oleh Tom Holland dengan love interest yang masih samar. Ketiganya memiliki plot dan cerita yang berbeda satu sama lain, begitu juga dengan villainnya. Dengan catatan tentu saja tokoh utama adalah Spiderman si Peter Parker yang melawan kejahatan di New York.


Contoh lain dari reboot adalah film Batman dan Planet of the Apes.

0 Response to "Penjelasan Perbedaan Antara Reboot dan Remake"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel